Sumur di Cirebon, sumur penawar JODOH?

Hallo Readers..... berbeda dengan postingan saya sebelumnya, untuk postingan kali ini mungkin agak sedikit ringan dan menarik untuk dibahas... yakni Sumur yang diyakini warga setempat di cirebon sebagai sumur yang melancarkan dalam urusan perjodohan :)

Mungkin ini sebuah lelucon sekaligus kabar yang menggembirakan buat para Jomblo yang ada di Indonesia yang ingin mendapatkan pasangan hidupnya. Sumur ini terletak di Keraton Kasepuhan, Cirebon.

Keraton Kasepuhan adalah keraton paling termegah dan paling terawat di Cirebon dan merupakan kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan kesultanan cirebon sendiri. keraton ini mempunyai barang bersejarah yang lengkap seperti benda pusaka, lukisan kerajaan, bahkan kereta. 

Keraton ini terletak di Jalan Jagasatru,Cirebon. yang buka setiap jam 9 Pagi sampai jam 5 sore. untuk letak sumur itu sendiri berada di bagian belakang keratonnya. jadi, bagi kalian yang sudah merasa puas mengelilingi keratonnya silahkan mendatangi bagian belakang keraton tersebut untuk menyaksikan sendiri sumur yang fenomenal ini.

Sumur ini diperkirakan sudah berumur ratusan tahun dan anehnya tidak ada lumut yang tumbuh di dalam sumur tersebut. airnya pun sangat jernih. Ajaib!

Jika dilihat dari historinya, sumur ini merupakan tempat para wali seperti Sunan Kalijaga untuk mandi dan juga berwudhu yang diperkirakan sudah ada pada tahun 1430.

Berlandaskan dari cerita warga setempat, konon sumur ini tidak pernah habis dimakan zaman. ketika musim hujan, air dalam sumur ini tidak pernah meluap. begitu sebaliknya ketika musim kemarau tiba, sumur air ini tidak pernah kering. inilah yang membuat warga sekitar berpikir bahwa sumur ini adalah sumur ajaib.

Selain mendatangkan jodoh sumur ini juga diyakini bisa melancarkan rezeki. maka tidak heran banyak warga baik luar kota maupun warga cirebon sendiri berbondong-bondong datang dan menyaksikan khasiat dari sumur ini. 

melihat kejadian ini saya sebagai penulis selalu berpikir bahwa tidak ada cara yang Instant untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. kalaupun ada itu paling hanya berlaku untuk makanan, seperti Mie Instant, Ikan kaleng Instant, dan sebagainya (hahahha)... walaupun banyak yang bilang berhasil setelah melakukan ritual di sumur tersebut, itu tidak melunturkan apa yang saya yakini. saya hanya berpikir mereka yang berhasil hanya terpengaruh oleh sugesti dari alam bawah sadar mereka sendiri.tidak ada sangkut pautnya dengan sumur yang bisa memberikan jodoh apalagi rezeki. mustahil!

Mungkin para readers bertanya.. jika memang apa yang saya yakini demikian, lantas kenapa saya membuat postingan ini?

ada satu hal tujuan saya dalam membuat postingan ini.. yakni mengenalkan pada kalian para readers atas destinasi wisata yang kaya akan historis ini.... itu saja... jika ada diantara kalian yang meyakini atas khasiat dari sumur tersebut.. itu saya kembalikan kepada kalian, karna pandangan seseorang akan selalu berbeda.

dan juga, sumur di cirebon ini tidak hanya satu-satunya sumur yang dianggap warga setempat mempunyai aroma-aroma mistis. tetapi ada juga banyak sumur-sumur yang lain di Indonesia yang lebih unik sejarahnya seperti sumur yang ada dibandung ini :
Sumber: google.com

#akan selalu ada sisi yang lain


Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

0 Response to "Sumur di Cirebon, sumur penawar JODOH?"

Subscribe !