Ada dan Tiada

Sumber Gambar : google.com

terima kasih readers sudah berkunjung ke blog saya.. pada postingan kali ini saya akan membahas tentang antara ada dan tiada. bukan hantu lho ya dan juga buka lirik lagu utopia... hahahahha.. oke oke serius..sebelum anda masuk kepembahasan, saya sebagai penulis mewajibkan anda untuk membaca ini terlebih dahulu baru anda bisa melanjutkan kepostingan saya ini...KLIK DISINI

OKEE... MARI KITA MULAI...

Siapakah kamu?
Sumber Gambar : google.com

hanya dua kata, tapi mempunyai sejuta jawaban... jika pertanyaan ini dilontarkan oleh orang yang belum anda kenal mungkin kalian akan menjawab nama kalian masing-masing. tetapi bagaimana jika  atau ada yang menjawab aku adalah manusia...jika ada yang menjawab pertanyaan tersebut, lantas apakah manusia itu?


jika kalian tidak mau menjawab pertanyaan diatas itu bukanlah masalah, tetapi yang harus kalian ingat adalah bagaimana bisa anda sebagai manusia tiba-tiba ada dunia ini? apakah dari ibu yang dilahirkan oleh nenek sehingga jika kita tarik keatas silsilahnya sampai pada manusia pertama.

bagaimana cara manusia pertama bisa tiba-tiba ada didunia ini? ini juga pertanyaan dengan banyak jawaban sesuai dengan kepercayaan masing-masing atau kita mengenalnya dengan agama. tetapi disini kita tidak membahas tentang agama terlebih dahulu. yang kita bahas kali ini adalah bagaimana kita yang dulunya  "tidak ada" menjadi "ada". sebaliknya, apakah kita yang awalnya memang tidak ada akan kembali menjadi tidak ada? ya, setiap manusia.... bukan, setiap makhluk hidup pasti akan merasakan yang namanya mati itu sudah mutlak tidak bisa dirubah rubah. tetapi masalahnya adalah dimana kita setelah ketiadaan tersebut? apakah ada dunia setelah kematian?


kita sebagai makhluk hidup pasti punya tempat untuk ditinggali. yaitu bumi...dan kita tahu bahwa tidak hanya bumi tetapi ada berjuta juta planet didunia ini... maka timbullah pertanyaan.. dari mana datangnya dunia?
Sumber Gambar : google.com

bagi kebanyakan orang pasti bisa menjawab pertanyaan diatas dengan perspektif agama masing-masing. namun tidak kah muncul dari pemikiran kalian sendiri untuk mencari tahu bagaimana sesuatu yang tiada bisa menjadi ada. mungkin saya sebagai penulis belum tahu banyak tentang teori-teori yang muncul tentang terciptanya alam semesta, tetapi ada satu teori yang sangat terkenal di zaman ini yaitu teori BIG BANG yang menyebutkan bahwa alam semesta tercipta dari ledakan besar

Sumber Gambar : liputan6.com

Menurut Teori Big Bang, alam semesta lahir sekitar 13,8 miliar tahun lalu. Segala sesuatu yang ada saat ini diperkirakan berasal dari titik padat, kecil, dan superpanas -- sebuah materi yang tertekan atau dipampatkan hingga menjadi titik yang kecilnya tak terbatas -- yang disebut singularitas (singularity).

kita lihat teori diatas, teori ini menjelaskan bahwa semakin lama alam semesta menjadi semakin luas. berpikir menggunakan metode kausalitas atau sebab akibat, mengapa hal ini bisa terjadi? saya yakin bukan sebuah kebetulan belaka ledakan besar ini bisa terjadi. maka timbullah pemikiran bahwa sesuatu ini ada yang "mengatur" tetapi siapakah "pengatur" ini?


jika sang pengatur ini adalah TUHAN... maka timbul lagi pertanyaan.... jika sesuatu berasal dari ketiadaan, apakah TUHAN juga demikian?

cukup sampai disini, pertanyaan terakhir saya kembalikan kepada readers karena jujur jika saya menjawab takutnya ada timbul kesalahpahaman yang berujung kesesatan nantinya...

saya mohon maaf untuk materi kali ini belum bisa saya kupas tuntas karena memang ini hanya berasal dari pemikiran saya jadi kurang mendetail apa yang saya jelaskan... tetapi jika para readers ingin memberi masukkan atau mengajak berdiskusi bersama silahkan isi komentar dibawah ini..

sekali lagi saya ingatkan, baca postingan dasar dulu sebelumnya baru kalian membaca postingan ini.. terima kasih

#akan selalu ada sisi yang lain









Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
4 Comments

4 Responses to "Ada dan Tiada"

abdul rozaq said...

Mmang bnar, pengkajian hakikat Tuhan akan sulit bla hnya menggunakan slah satu dri rasional dan empiris. Jdi mnurut sya, akan lebih tepatnya menggunakan pandangan kritisisme, ykni memadukan antara empiris n rasional.
Tpi tak dpat dipungkiri bhwa kepercayaan yang brupa agama dpat mmpengaruhi sbagian besar pandangannya.
It's my assumption...

jian pratama said...

memang terkadang ada beberapa hal antara kritisisme dengan agama bertolak belakang.. namun kebanyakan agama yang benar akan selalu berbanding lurus dengan apa yang ada dipkiran mnusia

abdul rozaq said...

Bgian manakah dri kritisisme yg brtolak blakang dri agama....?
Dwasa ini, telah bnyak pertanyaan keagamaan yang dpat dibuktikan secara empirik.

Jian Pratama said...

kritisisme yg saya maksudkan adalah kritisisme hasil dri pemikiran atheis yg pada dasarnya selalu mencari alasan berdasarkan fakta yg ada bahwa tidak adanya tuhan.

Subscribe !